MENGENAL PERANGKAT LUNAK PENGOLAH KATA


Ada banyak perangkat lunak pengolah kata yang digunakan secara luas saat ini . Masing-masing pengolah kata tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan dilihat dari sisi fasilitas yang ada, kemampuan untuk mempertukarkan file dengan yang lain, kemudahan penggunaannya serta harga yang ditawarkan . Beberapa pengolah kata yang digunakan secara luas, antara lain Lotus Word Pro, Corel WordPerfect, Oracle Open Office Writer, OpenOffice.org Writer dan Microsoft Word . Namun dari perangkat lunak yang sudah saya sebutkan , hanya beberapa yang akan saya bahas disini , yakni OpenOffice.org Writer dan juga Microsoft Word .

OpenOffice.org Writer

     OpenOffice.org Writer merupakan versi kode terbuka (open source) dari Oracle Open Office Writer . Karena bersifat open source, semua orang daoat mendownload OpenOffice.org dari internet (melalui www.openoffice.org) dan mengunakan OpenOffice.org secara gratis . Selain gratis, kelebihan lain aplikasi OpenOffice.org Writer adalah dapat dijalankan pada berbagai platform sistem operasi seperti Windows, Linux, Solaris, dan Mac OS . 
     OpenOffice.org Writer merupakan aplikasi yang dilengkapi semua fitur yang diharapkan dari sebuah aplikasi pengolah kata . Pengguna dapat membuat memo sederhana dengan cepat dan cukup mampu jika harus digunakan membuat dokumen-dokumen yang besar, seperti buku yang dilengkapi dengan daftar isi, teks isi, diagram, indeks dan sebagainya .

Microsoft Word

     Microsoft Word atau sering disebut MS Word atau Word saja dikeluarkan oleh perusahaan perangkat lunak terbesar di dunia, yaitu Microsoft . Microsoft Word dikeluarkan dalam satu paket dengan aplikasi perkantoran yang lain, yakni Microsoft Excel, Microsoft Access, dan Microsoft PowerPoint . Jika kamu menginstall Microsoft Office, kamu akan mendapatkan aplikasi-aplikasi di atas sekaligus .
     Word merupakan program pengolah kata yang paling banyak digunakan . Hal ini karena Word mempunyai kemmpuan yang sangat handal untuk membuat berbagai jenis dokumen, mulai dari surat, buku, memo, berbagai jenis publikasi, dan dokumen-dokumen lain . Desain tampilan Word yang baru, dimana perintah-perintha ditempatkan di Ribbon, membuat akses ke perintah menjadi semakin mudah . Akibatnya, Word semakin mudah digunakan dan semakin mudah dipelajari .
     Kelebihan lain dari Word adalah kemampuannya untuk menyisipkan objek-objek dari aplikasi lain atau file-file dari aplikasi lain, seperti Excel, PowerPoint, Corel Draw, Corel Photopaint, Adobe Photoshop, dan sebagainya .
     Kelemahan pengolah kata Word ini adalah harganya yang relatif mahal dibandingkan aplikasi sejenis lainnya . Harga yang mahal tersebut membuat banyak pengguna mencari alternatif aplikasi pengolah kata yang lebih murah atau yang gratis .

Share on Google Plus

About O'im

0 comments:

Post a Comment