PERANGKAT KERAS KELUARAN / OUTPUT DEVICE

   Perangkat keras keluaran merupakan peralatan yang berfungsi untuk mengeluarkan hasil pemrosesan ataupun pengolahan data yang berasal dari CPU ke dalam suatu media yang dapat dibaca oleh manusia ataupun dapat digunakan untuk penyimpanan data hasil proses. Hasil proses tersebut dapat berupa informasi yang dibutuhkan oleh pengguna komputer. 

   Beberapa contoh perangkat keluaran antara lain monitor, printer, plotter, dan speaker. 


a. Monitor

     Monitor merupakan salah satu jenis perangkat yang sangat populer dalam dunia komputer. Tampilan fisik monitor menyerupai layar televisi. Perangkat ini memiliki fungsi untuk menampilkan data dan informasi bagi para pemakai komputer. 

     Monitor termasuk alat output yang termasuk softcopy deviceartinya hasil output proses tersebut hanya akan terpampang pada layar, tidak dicetak ke dalam kertas. 

Terdapat 2 jenis unit layar tampilan yang biasa digunakan untuk computer yaitu:
            Ø Layar monitor berbentuk pipih atau sering disebut LCD (Liquid Crystal Display), umumnya digunakan pada komputer notebook, namun saat ini juga sudah mulai dipakai untuk PC desktop. 

LCD
            Ø Layar monitor tabung atau disebut CRT (Cathode Ray Tube) bentuknya mirip televisi.


CRD 


Terdapat berbagai standar dalam kualitas gambar yang didasarkan pada resolusi layar, seperti:
            Ø  CGA ( Colour Graphics Adapter) 640x200 pixel
            Ø  EGA ( Enhanced Graphics Adapter) 640x480 pixel
            Ø  VGA ( Video Graphics Array) 640x480 pixel
            Ø  SVGA ( Super Video Graphics Array) 800x600 dan 1024x768 pixel
            Ø  XGA ( Extended Graphics Array) 2048x2048 pixel. 

     Jadi, semakin besar resolusi sebuah monitor maka semakin halus dan bagus kualitas gambar atau tampilan yang dihasilkan. 



b. Printer

     Printer merupakan media output dari komputer yang bisa menghasilkan tulisan, gambar ataupun grafik dalam media kertas. Banyak sekali jenis printer yang bisa dijumpai, baik ditinjau dari segi ukuran, kecepatan, harga, kualitas ataupun teknik pengoperasiannya. Untuk menghubungkan printer dengan komputer diperlukan sebuah kabel yang terhubung dari printer ke CPU komputer. Saat ini, merk produk printer yang sering digunakan diantaranya adalah Epson, Hewlett Packard, (HP), Canon, Lexmark, dll. 

Terdapat tiga macam teknologi printer yang ada saat ini, yaitu:
            Ø Printer dot-matrik, printer jenis ini sudah jarang dipakai oleh kalangan masyarakat saat ini. Hal ini disebabkan karena jenis printer ini biasanya khusus digunakan untuk mencetak tulisan saja. Printer ini membentuk tulisan dan gambar dari dot-dot (titik-titik) yang dicetak. Warna yang dihasilkan tergantung dari penggunaan pita/ribbon yang dipakai. Pada saat terjadi percetakan, printer akan mengeluarkan bunyi yang cukup keras yang disebabkan oleh pergerakan jarum pada saat mencetak karakter di kertas. Resolusi printer ini hanya berkisar antara 9 hingga 24 dpi sehingga kurang baik untuk dipakai mencetak gambar.
            Ø Printer inkjet, disebut juga bubble jet. Teknik pencetakan pada printer inkjet dilakukan dengan menyemburkan tinta cair melalui nozzles (pipa semprot) yang terletak pada head. Head printer akan membentuk karakter-karakter yang diperintahkan komputer dengan suara yang relatif pelan. Pengisian ulang tinta printer jenis ini menggunakan cartridge, yaitu wadah kotak khusus yang berisi tinta. Namun, pengisian tinta secara berulang-ulang dan terus-menerus dapat menyebabkan kerusakan pada printer ini.  
            Ø Printer laser, menggunakan teknologi laser jet dengan menggabungkan cahaya, panas, listrik, dan tekanan sehingga memiliki tingkat kehalusan karakter dan resolusi cetak yang sangat tinggi dan menyerupai teknologi mesin foto kopi. 

Printer


c. Speaker

     Speaker merupakan hal umum yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Alat ini berfungsi untuk menghasilkan suara digital yang dihasilkan oleh komputer, seperti musik, film, dan efek suara lainnya. Beberapa speaker yang bagus memiliki fitur equalizer seperti bass dan kontrol getar, untuk memaksimalkan kualitas suara yang dihasilkan. 



Share on Google Plus

About O'im

0 comments:

Post a Comment