ALGORITMA DAN BAGIAN-BAGIANNYA

Pengertian Umum dan Definisi SingkatAlgoritma

      Algoritma memliki pengertian singkat yaitu urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis . 
      Sedangkan definisi singkatnya yaitu urutan langkah logis tertentu untuk memecahkan suatu masalah .

Struktur Sistem Komputer dan Hubungannya dengan Alogritma

    Alogritma pemrograman jika dilihat dari struktur sistem komputer diatas menempati posisi dibagian software dan didalam bagian implementasi merupakan bagian dimana pemrograman melakukan proses coding (pembuatan program) .

Asal Mula Kata Alogritma

    Penemunya adalah seorang ahli matematika dari Uzbekistan yang bernama Abu Abdullah Muhammad Ibn Musa al-Khwarizmi. Di literatur barat, beliau lebih terkenal dengan sebutan Algorism. Panggilan inilah yang kemudian dipakai untuk menyebut konsep algoritma yang ditemukannya. Abu Abdullah Muhammad Ibn Musa al-Khwarizmi (770-840) lahir di Khwarizm (Kheva), kota di selatan sungai Oxus (sekarang Uzbekistan) tahun 770 masehi. Kedua orangtuanya kemudian pindah ke sebuah tempat di selatan kota Baghdad (Irak), Ketika ia masih kecil , Khwarizm dikenal sebagai orang yang memperkenalkan konsep algoritma dalam matematika, konsep yang diambil dari nama belakangnya.

Tata Cara Pembuatan Algoritma

    - Algoritma harus berhenti setelah mengerjakan sejumlah langkah terbatas
    - Setiap langkah harus didefinisikan dengan tepat dan tidak berarti dua (Ambiguitas)
    - Algoritma memiliki nol atau lebih masukan
    - Algoritma memiliki nol atau lebih keluaran
    - Algortima harus efektif dalam setiap langkah (Harus sederhana sehingga dapat dikerjakan dalam waktu yang masuk akal) .

Contoh Algoritma dan Perbaikannya

    *Algoritma Menghitung Luas Segitiga (Belum Akurat) :
        - Start
        - Baca data alas kali tinggi kali 0,5
        - Tampilkan luas
        - Stop

    *Hasil Perbaikan Algoritma Perhitungan Luas Segitiga :
        - Start
        - Baca data alas dan tinggi
        - Periksa data alas dan tinggi , jika nilai data alas dan tinggi lebih besar dari nol maka lanjutkan ke langkah ke-4 jika tidak maka stop .
        - Luas adalah alas kali tinggi kali 0,5
        - Tampilkan luas
        - Stop


    *Algoritma Membuat Teh Es :
        - Siapkan gelas
        - Masukkan gula pasir kedalam gelas secukupnya
        - Tambahkan teh celup kadalamnya
        - Beri air secukupnya kedalam gelas
        - Aduk sampai gulanya larut
        - Tambahkan es batu sesuai selera
        - Teh siap diminum
Share on Google Plus

About O'im

0 comments:

Post a Comment