PERANGKAT PEMROSESAN DATA / PROCESSING DEVICE

     Perangkat pemrosesan data dalam komputer disebut dengan CPU (Central Processing Unit), yang berarti Unit Pengolah Pusat. CPU (dan juga media penyimpanan dan perangkat input/output) merupakan komponen yang penting pada masa perkembangan komputer. Sebuah CPU yang dibangun sebagai satu komponen terintergrasi dikenal dengan mikroprosessor (microprocessor). Sejak awal pertengahan tahun 1970an, secara bertahap mikroprosesor lama tergantikan oleh rancangan mikroprosesor yang lebih kompleks dan berkemampuan hitung lebih tinggi. 

     CPU merupakan otak dari komputer yang mengatur dan memproses seluruh kerja komputer. Tugas CPU adalah melaksanakan dan mengawal keseluruhan operasi komputer. CPU memiliki 3 komponen utama yang merupakan bagian tugas utamanya yaitu:

            Ø Unit kendali (Control Unit /CU)
            Untuk mengatur dan mengendalikan semua peralatan yang ada pada sistem computer serta mengatur kapan alat input menerima data dan diolah dan ditampilkan.
            Ø Unit Aritmatika dan Logika (Aritmatic and Logic Unit / ALU)
            Melakukan semua perhitungan aritmatika dan pembandingan (seperti penjumlahan, pengurangan dan beberapa logika lain).
            Ø Register
            Berfungsi membantu melakukan hubungan ( interface) ke memori. Register mempunyai kecepatan tinggi, digunakan untuk menyimpan data dan instruksi yang sedang diproses.


     Kinerja CPU didukung oleh memori utama yang merupakan komponen penyimpanan internal dari suatu komputer. Ada dua tipe memori utama yaitu Random Access Memory (RAM) dan Read Only Memory (ROM). 


a. Motherboard

     Motherboard atau mainboard adalah komponen paling utama pada komputer karena sangat menentukan kemampuan komputer. 

     Motherboard menghubungkan semua peralatan komputer dan membuatnya bekerja sama sehingga komputer berjalan dengan lancar. Motherboard penting karena menentukan kapabilitas (kemampuan), misalnya:
            Ø Jenis dan jumlah memori RAM maksimal yang bisa dipasang pada komputer
            Ø Kecepatan maksimal processor yang didukung, tipe, serta merknya.
            Ø Jenis expansion card yang bisa dipasang (seperti PCI, ISA, AGP, PCI Express) dan jumlah slot yang tersedia.

     Secara umum, motherboard mempunyai fungsi berikut ini :
            Ø Organisasi, mengatur dan menentukan alat (peripheral) yang bisa dipasang pada komputer
            Ø Kontrol, di dalam motherboard terdapat chipset dan program BIOS yang berfungsi mengatur data komponen komputer lain
            Ø Komunikasi, hampir semua komunikasi harus melalui motherboard. 

Motherboard

b. Processor

     Prosesor berfungsi untuk memproses semua perhitungan yang harus dilakukan oleh komputer. Kekuatan prosesor diukur dari frekuensinya, seperti 550 MHz ( Mega Hertz) sampai saat ini sudah ada yang mencapai sekitar 3 GHz ( Giga Hertz). Jika komputer dihidupkan, maka prosesor akan langsung bekerja dan cepat naik suhunya. Oleh karena itu setiap prosesor saat ini sudah dilengkapi dengan besi penyalur panas ( heat sink) dan kipas pendingin. Saat ini prosesor yang banyak digunakan adalah Intel, AMD dan IBM.

     Berdasarkan instruksi/perintah yang diterimanya, processor melakukannya dengan tiga cara yaitu:
            Ø menggunakan ALU ( Arithmetic/Logic Unit), yaitu processor dapat melakukan operasi matematika (jumlah, kurang, kali, bagi), dan logika. 
            Ø memindahkan data dari suatu lokasi memori ke lokasi lainnya.
            Ø membuat suatu keputusan dan beralih kepada serangkaian instruksi berdasarkan keputusan tersebut. 

Processor

c. Memory

     Memory berfungsi untuk menyimpan informasi sebelum atau sesudah diproses oleh prosesor. Memori dikenal juga dengan sebutan RAM (Random Access Memory). Gunanya adalah untuk penyimpanan data sementara sewaktu digunakan oleh prosesor. Jika komputer dimatikan, maka data di RAM akan hilang. Kecepatan komputer dalam membaca data RAM ini lebih cepat jika dibandingkan dengan kecepatan komputer dalam membaca data yang terdapat pada harddisk.

     Memori dapat dibagi menjadi 2 jenis:
            Ø Internal memori           
            Internal memori adalah memori yang terletak pada motherboard. Data yang akan diproses maupun hasil pemrosesan komputer disimpan di dalam internal memori. 
            Ø Eksternal memori
            Eksternal memori adalah memori yang tidak berhubungan langsung dengan motherboard. Disebut eksternal karena letaknya tidak terhubung langsung dengan motherboard bahkan ada yang di luar casing (box) CPU. 

Memory


d. VGA (Video Graphics Array)

     VGA card merupakan bagian dari komputer yang berperan penting untuk menampilkan output process ke monitor. Tanpa VGA card, layar komputer tidak akan menampilkan apa-apa. VGA card sendiri dapat berupa slot tambahan ataupun bawaan dari produsen motherboard (disebut dengan VGA on board). VGA-VGA terbaru umumnya memiliki RAM dan processor sendiri untuk meningkatkan tampilan grafik. 

     VGA antara lain terdiri dari memory dan kipas. Kipas dibutuhkan untuk mendinginkan komponen VGA card yang panas, karena bagian ini bekerja cukup berat setiap saat. VGAcard yang terlihat pada gambar di samping merupakan VGA tambahan, tidak menyatu dengan motherboard. Keuntungan VGA jenis ini adalah kita dapat dengan mudah menggantinya dengan yang baru apabila terjadi kerusakan atau ingin meningkatkan performa grafis komputer kita. 




e. Sound Card

     Sound Card adalah peralatan komputer yang berfungsi untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal suara. Perangkat ini berguna untuk mengeluarkan suara. Pada awalnya, sound card hanyalah sebagai pelengkap dari komputer. Namun sekarang, sound card adalah perangkat wajib di setiap komputer.

      Dilihat dari cara pemasangannya, sound card dibagi menjadi 3:
            Ø Sound Card Onboard, yaitu sound card yang menempel langsung pada motherboard komputer.
            Ø Sound Card Offboard, yaitu sound card yang pemasangannya di slot ISA/PCI pada motherboard. Rata-rata, sekarang sudah menggunakan PCI
            Ø Soundcard External, adalah sound card yang penggunaannya disambungkan ke komputer melalui port eksternal, seperti USB atau FireWire. Namun, perangkat ini kurang lengkap jika tidak ada speaker. Karena itu kita perlu menghubungkan speaker dengan sound card yang telah terpasang dengan sebuah kabel yang disambung langsung ke sound card. 

Sound Card

Share on Google Plus

About O'im

1 comments:

  1. Terimakasih atas partisipasi dan komennya, dan jangan lupa share untuk menambah wawasan yang belum tahu :)

    ReplyDelete