TIPS MAHIR MENGGUNAKAN MICROSOFT OFFICE EXCEL

     Microsoft Excel adalah spreadsheet yang dikembangkan oleh Microsoft untuk Windows, macOS, Android dan iOS. Ini fitur perhitungan, alat grafik, tabel pivot, dan bahasa pemrograman makro yang disebut "Visual Basic for Applications". Ini telah menjadi spreadsheet yang sangat banyak diterapkan untuk platform ini, terutama sejak versi 5 pada tahun 1993, dan telah menggantikan Lotus 1-2-3 sebagai standar industri untuk spreadsheet. Excel merupakan bagian dari rangkaian perangkat lunak Microsoft Office.


     Kali ini, saya akan berbagi beberapa cara atau tips menarik bagi pembaca yang ingin mencari informasi dalam menggunakan aplikasi Microsoft Office Excel, selamat membaca :)



Fokus pada Pekerjaan Anda

     Tidak semua fungsi dan fitur Excel digunakan dalam pekerjaan Anda .  Pelajari dan kuasai terlebih dahulu terhadap fitur-fitur Excel apa saja yang dibutuhkan pada pekerjaan Anda .


Quick Acces Toolbar

     Secara default , ribbon standar ditampilkan pada worksheet Excel yang membuat worksheet menjadi sempit .  Gunakan Quick Access Toolbar untuk mengubah worksheet menjadi lebih lega .


Gunakan Shortcut Keyboard

     Shortcut keyboard adalah kombinasi satu atau lebih tombol keyboard untuk menjalankan perintah tertentu .  Menggunakan shortcut keyboard bisa membuat pekerjaan Anda jauh lebih efisien dari sebelum mengenal shortcut keyboard .


Practice, Practice, Practice (Latihan)

     Untuk menguasai skill atau keterampilan tertentu, terutama sekarang kita sedang membahas Microsoft Office Excel , kunci yang dibutuhkan adalah 3 yaitu latihan , latihan , dan latihan .  Semakin sering dan berkala kita menggunakannya , maka semakin cepat kita akan mahir di dalamnya .


Jangan Takut Salah

     Jangan takut melakukan kesalahan saat menggunakan Microsoft Office Excel .  Jika rumus yang Anda buat menghasilkan error , Anda bisa mengembalikannya ke semula dengan meng-klik Undo atau dengan shortcut CTRL + Z .  Nah , kita sudah dapat salah satu shortcut keyboard pada Microsoft Office Excel .


Minta Bantuan

Hampir semua aplikasi komputer atau software dibuat beserta panduan penggunanya .  Yang Anda butuhkan yaitu bisa dengan menggunakan shortcut F1 pada keyboard Anda , jika Anda mahir atau paham dalam berbahasa Inggris dan Anda juga bisa meminta bantuan kepada orang lain yang telah dulu paham terhadap Microsoft Office Excel .







Sekian informasi dari saya, bila ada kesalahan kata saya mohon maaf, dan bila ada ketidakpahaman dalam artikel ini bisa memberikan komentar saran atau kritikan didalamnya.
Terimakasih, Salam .
Share on Google Plus

About O'im

0 comments:

Post a Comment