MENGENAL PERANGKAT LUNAK (3)

Selamat datang kembali pemirsa ! Dalam kesempatan ini, saya akan melanjutkan artikel saya yang kini berjudul MENGENAL PERANGKAT LUNAK (3), yang mana ialah lanjutan dari sebelumnya. Jika Anda belum melihat sebelumnya, langsung saja di klik, yakni PART1 juga PART2 nya . Mari kita bersama melihat isi dari artikel ini .



1.1 Utility (Alat Bantu)

Utility memiliki fungsi membantu atau mengisi kekurangan dari sistem operasi. Hal tersebut dilakukan dengan melakukan pemeriksaan pada hardware (hardware troubleshooting), mengatur ulang isi harddisk (defrag dan partisi), membantu pengoperasian mesin seperti membuat duplikat file, menghapus proteksi suatu sistem sofware,  memperbaiki bagian file yang rusak. 


1.2 Bahasa Pemrograman

Bahasa Pemrograman adalah software  bahasa yang digunakan untuk membuat perintah-perintah atau program pada komputer oleh para programer. Bahasa pemrograman juga dapat menjadi pengatur komunikasi antara komputer dan peralatannya. 
    Ada 3 tingkatan dalam bahasa pemrograman, yaitu :
            Ø Low level language,  biasa disebut kode atau bahasa mesin, tingkat ini adalah bahasa pemrograman generasi pertama.
            Kode dalam bahasa pemrograman tingkat ini adalah kumpulan angka dari angka 1 dan 0 yang diatur sehingga membuat sinyal elektronik dan memberi tahu komputer tugas apa saja yang harus dilakukan.
            Ø Middle level language,  hampir sama seperti bahasa mesin tetapi perintah atau instruksinya telah mendekati bahasa sehari-hari sehingga memudahkan programmer membuat program karena kodenya adalah huruf bukan angka. Contohnya assembler.
            Ø High level language, bahasa pemrograman yang sangat mudah dimengerti karena menggunakan bahasa sehari-hari. Contohnya BASIC, COBOL, PASCAL, dll. 


 


1.3 Routines (User Program)

Routines (User Program)  adalah suatu program untuk membantu mempersiapkan sistem operasi yang akan dipakai dalam suatu aplikasi tertentu secara berulang-ulang.
    Bentuk sistem aplikasi yang biasa digunakan :
            Ø  System payroll (penggajian)
            Ø  System inventory
            Ø  System invoicing (facturisasi)
            Ø  System billing (tagihan/pembayaran)
            Ø  System security (keamanan)

Software  yang biasa digunakan :
            Ø  PrintShop
            Ø  From Tool
            Ø  Dac Easy Accounting

Demikianlah PART3 yang telah saya berikan, bila ada kekurangan saya mohon maaf. Anda bisa meluangkan waktu sejenak untuk kritik dan saran yang bisa anda masukkan di dalam kolom komentar. TERIMAKASIH .
Share on Google Plus

About O'im

0 comments:

Post a Comment