Komputer merupakan suatu mesin elektronik yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan komponen yang
bekerja secara tepat dengan membentuk sebuah sistem kerja
yang rapi dan teliti. Komputer dapat menerima informasi
input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program
yang tersimpan di memori, menyimpan perintah-perintah
dan hasil pengolahan, serta menghasilkan output berupa
informasi.
Perkembangan komputer sendiri
sebenarnya telah dimulai sejak sekitar 6 dekade yang lalu.
Sampai saat ini, atas kontribusi banyak orang, komputer terus
berkembang dengan pesat hingga menjadi seperti sekarang ini,
dengan kemampuan yang makin canggih. Pada mulanya, komputer
diciptakan sebagai alat untuk membantu proses
penghitungan. Namun karena potensi kemampuannya makin lama makin
banyak, penggunaan komputer pun semakin
meluas, merambah ke hampir seluruh bidang kehidupan
manusia. Tentu kalian menyadari bukan, bahwa kehidupan kita
saat ini banyak berhubungan dengan perangkat
komputer? Saat kita ingin membayar barang belanjaan di
supermarket, mengambil uang di ATM, atau mencari informasi di
internet. Dapatkah kalian membayangkan alat-alat elektronik apa sajakah yang dipakai untuk kegiatan tadi?
Pengertian Perangkat Keras
Perangkat keras komputer (hardware) merupakan semua bagian fisik (dapat kita lihat dan sentuh) yang terdapat dalam suatu komputer.Secara fisik, komputer terdiri dari 3 bagian, yaitu CPU (Central Processing Unit), keyboard (papan ketik), dan monitor (layar komputer). Sebuah komputer setidaknya memiliki ketiga komponen tersebut agar dapat digunakan untuk memasukkan data, memproses data, dan menghasilkan informasi.
Saat ini, komputer telah mengalami perubahaan dari model awalnya. Namun walaupun demikian semua komputer tetap memiliki model dasar yang sama.Berikut ini adalah diagram yang menggambarkan unit-unit dasar yang terdapat dalam semua sistem komputer .
Setiap bagian dari komputer tersebut mempunyai fungsi masing - masing yang saling berkaitan. Input device/perangkat input (1) merupakan perangkat yang berfungsi untuk menerima input untuk diproses oleh CPU. Sebaliknya, output device/perangkat output (2) berfungsi untuk menampilkan hasil pengolahan data yang dihasilkan oleh CPU. Central Processing Unit (3) atau sering disingkat CPU merupakan komponen yang paling penting dari komputer, karena komponen inilah yang mengendalikan semua unit sistem komputer yang lain dan mengubah input menjadi output. Storage device/perangkat penyimpanan (4) menyediakan tempat untuk menyimpan data. Tempat penyimpanan ini sendiri dapat berupa RAM dan ROM.
Pengenalan Perangkat Keras
Perangkat keras (hardware)
komputer umumnya digolongkan menjadi 4 jenis, yaitu:
Ø Perangkat masukan data (input device)
Ø Perangkat pemrosesan data (processing device)
Ø Perangkat penyimpanan data (storage device)
Ø Perangkat keluaran data (output device)
1. Perangkat Keras Masukan / Input Device
Perangkat input (masukan)
merupakan perangkat yang digunakan untuk menerima input berupa data atau perintah yang akan diolah di dalam komputer. Input tersebut dapat berupa signal input atau dapat juga berupa maintenance input. Signal
input berupa data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer, sedangkan maintenance input berupa program yang digunakan untuk mengolah data yang
dimasukkan. Jadi, selain digunakan
untuk memasukkan data alat input juga
digunakan untuk
memasukkan program.
Prinsip kerja perangkat input
yaitu dengan mengubah perintah yang dipahami manusia ke dalam bentuk
yang dapat dimengerti komputer ( machine readable form). Bentuk yang dapat dimengerti oleh komputer adalah
kode-kode biner yang terdiri dari angka 0 dan 1.
Perangkat input dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu perangkat input langsung dan perangkat
input tidak langsung.
Pada perangkat input langsung, input
yang dimasukkan akan langsung diproses oleh alat pemroses
(CPU) tanpa disimpan oleh penyimpanan media luar. Contoh
perangkat input langsung antara lain mouse, keyboard, joystick, scanner, cardreader,
MICR ( magnetic ink character recognition)
dan touch
screen.
Pada perangkat input tidak langsung, input yang dimasukkan akan dilewatkan terlebih dahulu pada
suatu media tertentu sebelum diproses oleh CPU. Biasanya
input tersebut disimpan pada media simpanan luar ( external memory) seperti magnetic disk
( hard disk dan disket) dan optical disk
(CD, DVD, dan VCD). Magnetic disk menyimpan data melalui magnetisasi suatu medium, sedangkan optical disk menyimpan data melalui sinar
laser yang ditangkap oleh keping CD/DVD.
a. Keyboard
Keyboard adalah
sebuah papan yang terdiri dari tombol-tombol untuk mengetikkan kata-kata dan
simbol lainnya ke dalam komputer. Keyboard komputer secara fisik mempunyai bentuk seperti halnya keyboard pada mesin ketik manual/elektronik. Dengan digunakannya micro processor, maka data yang ada bisa langsung dikirim ke CPU melalui
keyboard. Jika sebuah tombol pada keyboard ditekan, maka per
(pegas) yang ada di bawahnya akan menekan logam yang ada
di bawahnya, danmenyebabkan arus listrik bisa
mengalir melewatinya. Arus inilah
yang kemudian diterima oleh chip pada
keyboard yang disebut microprocessor.
Pada chip ini terdapat berbagai alamat sehingga bisa diketahui tombol mana
yang ditekan. Sinyal-sinyal listrik ini kemudian diteruskan pada RAM sampai PC yang
ada digunakan secara lebih lanjut.
Pada dasarnya terdapat beberapa jenis tombol keyboard komputer, yaitu:
Ø Typewriter
Key
Tombol ketik adalah salah satu bagian
dari keyboard yang berisi
huruf dan angka serta tanda baca .
Ø Numeric Key
Tombol ini terletak di sebelah kanan keyboard. Numeric key merupakan bagian khusus dari keyboard yang berisi angka dan sangat berfungsi untuk memasukkan
data berupa angka dan operasi perhitungan.
Ø Function
Key
Tombol ini terletak pada baris paling
atas, terdiri dari F1 s/d F12. Fungsi tombol ini berbeda-beda
tergantung dari program komputer yang digunakan.
Tombol ini dapat dipergunakan sebagai perintah khusus
yang disertakan pada sistem operasi maupun aplikasi.
Ø Special
Key
Tombol ini terdiri atas tombol Ctrl,
Shift, dan Alt, berguna untuk melakukan fungsi spesifik.
Misalnya, tombol Shift untuk
mengetik huruf kapital.
b. Mouse
Mouse merupakan
salah satu input media yang sangat populer pada akhir-akhir ini. Pengertian mouse bisa diartikan dengan tikus, di mana dengan adanya mouse, maka pointer (penunjuk yang ada pada layar, menandakan suatu
posisi pada layar monitor) dapat digerakkan kemana saja
berdasarkan arah gerakan bola kecil yang terdapat
dalam mouse. Mouse memiliki sensor untuk mengetahui kemana arah
yang dikehendaki oleh usernya. Sensor ini diantaranya
adalah melalui bola dan cahaya.
Untuk mouse yang memiliki sensor dengan menggunakan bola, jika kita membuka dan mengeluarkan
bola kecil yang terdapat di belakang mouse, maka akan terlihat 2 pengendali gerak di dalamnya. Kedua pengendali gerak
tersebut dapat bergerak bebas dan mengendalikan pergerakan
penunjuk, yang satu searah horisontal (mendatar) dan satu lagi vertikal (atas
dan bawah).
Ada 3 tipe dasar mouse:
Ø Mekanis: memiliki bola karet di dalam sisi
bawah mouse dan berotasi dalam segala arah. Sensor
mekanisnya mendeteksi gerakan bola lalu sensornya
mengirimkan signal untuk menggerakkan kursor pada layar.
Ø Opto mekanis: sama seperti mouse mekanis yang baru, dan ada yang menggunakan sensor optik
untuk mendeteksi gerakan bola.
Ø Optik: mouse
ini menggunakan laser untuk mendeteksi gerakan mouse dan memiliki LED. Tidak ada bola mouse dan gerakan mekanis. Mouse optik harus digerakkan di atas permukaan atau alas tertentu
dengan jaringan yang dapat dibaca mouse.
c. Scanner
Scanner berfungsi
untuk memindai ( scanning) gambar,
tulisan, atau obyek benda ke dalam format
elektronik ( digital) sehingga dapat diproses oleh komputer. Scanner memiliki fungsi kerja seperti mesin fotokopi. Hanya
bedanya, hasil pembacaan scanner
bisa disimpan di dalam memory komputer, sedangkan pada
fotocopy, hasil pembacaannya akan
dicetak di atas selembar kertas .
Untuk menggunakan scanner
pada komputer, diperlukan adanya tambahan card yang secara khusus digunakan untuk scanner.
Scanner menggunakan tehnik digital
untuk membentuk dan memasukkan image
dokumen yang akan diproses dengan menggunakan
elektronik. Beberapa scanner juga bisa digunakan untuk membaca
beberapa bentuk huruf. Sebuah scanner bisa membaca hingga 120 halaman dalam satu jam.
Ketika kamu menekan tombol mouse untuk memulai scanning, proses yang terjadi adalah sebagai
berikut.
Ø Penekanan tombol mouse dari komputer menggerakkan pengendali kecepatan pada mesin scanner. Mesin yang terletak dalam scanner tersebut mengendalikan proses pengiriman ke unit scanning .
Ø Kemudian unit scanning menempatkan proses pengiriman ke tempat atau jalur yang sesuai
untuk langsung memulai scanning.
Ø Nyala lampu yang terlihat pada scanner menandakan bahwa kegiatan scanning sudah mulai dilakukan .
Ø Setelah nyala lampu sudah tidak
ada, berarti proses scan sudah selesai dan hasilnya dapat
dilihat pada layar monitor.
Ø Apabila hasil atau tampilan
teks/gambar ingin dirubah, kita dapat merubahnya dengan menggunakan
software-software aplikasi yang ada. Misalnya
dengan Adobe Photoshop dan lain- lain.
d. Trackball
Merupakan perangkat yang sejenis dengan mouse atau stylus. Alat ini mirip seperti mouse yang
dibalik, di mana bola diletakkan pada bagian atas trackball sehingga bisa digeser secara langsung dengan jari. Beberapa
model trackball didesain
untuk diletakkan pada keyboard
komputer notebook .
e. Joystick
Joystick digunakan
untuk keperluan game selama bertahun-tahun. Saat ini ukurannya semakin
kecil, semacam pensil yang terletak di antara tombol keyboard. Joystick ini biasa terdapat pada komputer portabel, karena
komputer jenis ini seringkali digunakan
pada tempat yang tidak memiliki permukaan yang cukup
untuk meletakkan suatu pointing device
lain seperti mouse.
f. Touchpad
Touchpad adalah
pad kecil yang terbuat dari bahan yang sensitif terhadap tekanan. Touchpad biasanya terdapat pada komputer notebook, dan dipakai sebagai pengganti mouse. Pada saat jari user atau ujung pena
menyentuh beberapa titik pada
pad, tekanan tersebut menyebabkan perubahan karakteristik
listrik bahan pada titik tersebut. Lokasi titik tersebut
dideteksi dan dikomunikasikan ke komputer. Dengan memindahkan
jari pada pad, pengguna dapat menginstruksikan software untuk memindahkan kursor pada layar dengan arah yang sama .
g. Kamera Digital
Kamera digital merupakan salah satu perangkat input yang sedang marak akhir-akhir ini. Kamera
ini mampu merekam gambar diam atau bergerak menjadi
bit-bit data ke dalam file komputer. Gambar digital itu mampu
diolah ke dalam program-program
komputer dan juga bisa juga dicetak berapa kalipun tanpa
menghilangkan kualitas gambarnya .
0 comments:
Post a Comment