MENGENAL PERANGKAT KERAS

     Komputer merupakan suatu mesin elektronik yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan komponen yang bekerja secara tepat dengan membentuk sebuah sistem kerja yang rapi dan teliti. Komputer dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memori, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahan, serta menghasilkan output berupa informasi.

     Perkembangan komputer sendiri sebenarnya telah dimulai sejak sekitar 6 dekade yang lalu. Sampai saat ini, atas kontribusi banyak orang, komputer terus berkembang dengan pesat hingga menjadi seperti sekarang ini, dengan kemampuan yang makin canggih. Pada mulanya, komputer diciptakan sebagai alat untuk membantu proses penghitungan. Namun karena potensi kemampuannya makin lama makin banyak, penggunaan komputer pun semakin meluas, merambah ke hampir seluruh bidang kehidupan manusia. Tentu kalian menyadari bukan, bahwa kehidupan kita saat ini banyak berhubungan dengan perangkat komputer? Saat kita ingin membayar barang belanjaan di supermarket, mengambil uang di ATM, atau mencari informasi di internet. Dapatkah kalian membayangkan alat-alat elektronik apa sajakah yang dipakai untuk kegiatan tadi? 


Pengertian Perangkat Keras

     Perangkat keras komputer (hardware) merupakan semua bagian fisik (dapat kita lihat dan sentuh) yang terdapat dalam suatu komputer.

     Secara fisik, komputer terdiri dari 3 bagian, yaitu CPU (Central Processing Unit), keyboard (papan ketik), dan monitor (layar komputer). Sebuah komputer setidaknya memiliki ketiga komponen tersebut agar dapat digunakan untuk memasukkan data, memproses data, dan menghasilkan informasi.

     Saat ini, komputer telah mengalami perubahaan dari model awalnya. Namun walaupun demikian semua komputer tetap memiliki model dasar yang sama.Berikut ini adalah diagram yang menggambarkan unit-unit dasar yang terdapat dalam semua sistem komputer .


     Setiap bagian dari komputer tersebut mempunyai fungsi masing - masing yang saling berkaitan. Input device/perangkat input (1) merupakan perangkat yang berfungsi untuk menerima input untuk diproses oleh CPU. Sebaliknya, output device/perangkat output (2) berfungsi untuk menampilkan hasil pengolahan data yang dihasilkan oleh CPU. Central Processing Unit (3) atau sering disingkat CPU merupakan komponen yang paling penting dari komputer, karena komponen inilah yang mengendalikan semua unit sistem komputer yang lain dan mengubah input menjadi output. Storage device/perangkat penyimpanan (4) menyediakan tempat untuk menyimpan data. Tempat penyimpanan ini sendiri dapat berupa RAM dan ROM.



Pengenalan Perangkat Keras

Perangkat keras (hardware) komputer umumnya digolongkan menjadi 4 jenis, yaitu:
            Ø Perangkat masukan data (input device)
            Ø Perangkat pemrosesan data (processing device)
            Ø Perangkat penyimpanan data (storage device)
            Ø Perangkat keluaran data (output device)

1. Perangkat Keras Masukan / Input Device

     Perangkat input (masukan) merupakan perangkat yang digunakan untuk menerima input berupa data atau perintah yang akan diolah di dalam komputer. Input tersebut dapat berupa signal input atau dapat juga berupa maintenance inputSignal input berupa data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer, sedangkan maintenance input berupa program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan. Jadi, selain digunakan untuk memasukkan data alat input juga digunakan untuk memasukkan program. 

     Prinsip kerja perangkat input yaitu dengan mengubah perintah yang dipahami manusia ke dalam bentuk yang dapat dimengerti komputer ( machine readable form). Bentuk yang dapat dimengerti oleh komputer adalah kode-kode biner yang terdiri dari angka 0 dan 1. 

     Perangkat input dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu perangkat input langsung dan perangkat input tidak langsung. 
Pada perangkat input langsung, input yang dimasukkan akan langsung diproses oleh alat pemroses (CPU) tanpa disimpan oleh penyimpanan media luar. Contoh perangkat input langsung antara lain mouse, keyboard, joystick, scanner, cardreader, MICR ( magnetic ink character recognition) dan touch screen

     Pada perangkat input tidak langsung, input yang dimasukkan akan dilewatkan terlebih dahulu pada suatu media tertentu sebelum diproses oleh CPU. Biasanya input tersebut disimpan pada media simpanan luar ( external memory) seperti magnetic disk ( hard disk dan disket) dan optical disk (CD, DVD, dan VCD). Magnetic disk menyimpan data melalui magnetisasi suatu medium, sedangkan optical disk menyimpan data melalui sinar laser yang ditangkap oleh keping CD/DVD.

a. Keyboard



Keyboard adalah sebuah papan yang terdiri dari tombol-tombol untuk mengetikkan kata-kata dan simbol lainnya ke dalam komputer. Keyboard komputer secara fisik mempunyai bentuk seperti halnya keyboard pada mesin ketik manual/elektronik. Dengan digunakannya micro processor, maka data yang ada bisa langsung dikirim ke CPU melalui keyboard. Jika sebuah tombol pada keyboard ditekan, maka per (pegas) yang ada di bawahnya akan menekan logam yang ada di bawahnya, danmenyebabkan arus listrik bisa mengalir melewatinya. Arus inilah yang kemudian diterima oleh chip pada keyboard yang disebut microprocessor. Pada chip ini terdapat berbagai alamat sehingga bisa diketahui tombol mana yang ditekan. Sinyal-sinyal listrik ini kemudian diteruskan pada RAM sampai PC yang ada digunakan secara lebih lanjut.

Pada dasarnya terdapat beberapa jenis tombol keyboard komputer, yaitu:
            Ø Typewriter Key
            Tombol ketik adalah salah satu bagian dari keyboard yang berisi huruf dan angka serta tanda baca .
            Ø Numeric Key
            Tombol ini terletak di sebelah kanan keyboard. Numeric key merupakan bagian khusus dari keyboard  yang berisi angka dan sangat berfungsi untuk memasukkan data berupa angka dan operasi perhitungan.
            Ø Function Key
            Tombol ini terletak pada baris paling atas, terdiri dari F1 s/d F12. Fungsi tombol ini berbeda-beda tergantung dari program komputer yang digunakan. Tombol ini dapat dipergunakan sebagai perintah khusus yang disertakan pada sistem operasi maupun aplikasi.
            Ø Special Key
            Tombol ini terdiri atas tombol Ctrl, Shift, dan Alt, berguna untuk melakukan fungsi spesifik. Misalnya, tombol Shift untuk mengetik huruf kapital.

b. Mouse


     Mouse merupakan salah satu input media yang sangat populer pada akhir-akhir ini. Pengertian mouse bisa diartikan dengan tikus, di mana dengan adanya mouse, maka pointer (penunjuk yang ada pada layar, menandakan suatu posisi pada layar monitor) dapat digerakkan kemana saja berdasarkan arah gerakan bola kecil yang terdapat dalam mouse. Mouse memiliki sensor untuk mengetahui kemana arah yang dikehendaki oleh usernya. Sensor ini diantaranya adalah melalui bola dan cahaya.

     Untuk mouse yang memiliki sensor dengan menggunakan bola, jika kita membuka dan mengeluarkan bola kecil yang terdapat di belakang mouse, maka akan terlihat 2 pengendali gerak di dalamnya. Kedua pengendali gerak tersebut dapat bergerak bebas dan mengendalikan pergerakan penunjuk, yang satu searah horisontal (mendatar) dan satu lagi vertikal (atas dan bawah).

Ada 3 tipe dasar mouse:
            Ø  Mekanis: memiliki bola karet di dalam sisi bawah mouse dan berotasi dalam segala arah. Sensor mekanisnya mendeteksi gerakan bola lalu sensornya mengirimkan signal untuk menggerakkan kursor pada layar.
            Ø  Opto mekanis: sama seperti mouse mekanis yang baru, dan ada yang menggunakan sensor optik untuk mendeteksi gerakan bola.
            Ø  Optik: mouse ini menggunakan laser untuk mendeteksi gerakan mouse dan memiliki LED. Tidak ada bola mouse dan gerakan mekanis. Mouse optik harus digerakkan di atas permukaan atau alas tertentu dengan jaringan yang dapat dibaca mouse

c. Scanner



     Scanner berfungsi untuk memindai ( scanning) gambar, tulisan, atau obyek benda ke dalam format elektronik ( digital) sehingga dapat diproses oleh komputer. Scanner memiliki fungsi kerja seperti mesin fotokopi. Hanya bedanya, hasil pembacaan scanner bisa disimpan di dalam memory komputer, sedangkan pada fotocopy, hasil pembacaannya akan dicetak di atas selembar kertas .

     Untuk menggunakan scanner pada komputer, diperlukan adanya tambahan card yang secara khusus digunakan untuk scanner. Scanner menggunakan tehnik digital untuk membentuk dan memasukkan image dokumen yang akan diproses dengan menggunakan elektronik. Beberapa scanner juga bisa digunakan untuk membaca beberapa bentuk huruf. Sebuah scanner bisa membaca hingga 120 halaman dalam satu jam. 

     Ketika kamu menekan tombol mouse untuk memulai scanning, proses yang terjadi adalah sebagai berikut.
            Ø Penekanan tombol mouse dari komputer menggerakkan pengendali kecepatan pada mesin scanner. Mesin yang terletak dalam scanner tersebut mengendalikan proses pengiriman ke unit scanning .
            Ø Kemudian unit scanning menempatkan proses pengiriman ke tempat atau jalur yang sesuai untuk langsung memulai scanning.
            Ø Nyala lampu yang terlihat pada scanner menandakan bahwa kegiatan scanning sudah mulai dilakukan .
            Ø Setelah nyala lampu sudah tidak ada, berarti proses scan sudah selesai dan hasilnya dapat dilihat pada layar monitor.
            Ø Apabila hasil atau tampilan teks/gambar ingin dirubah, kita dapat merubahnya dengan menggunakan software-software aplikasi yang ada. Misalnya dengan Adobe Photoshop dan lain- lain. 

d. Trackball



Merupakan perangkat yang sejenis dengan mouse atau stylus. Alat ini mirip seperti mouse yang dibalik, di mana bola diletakkan pada bagian atas trackball sehingga bisa digeser secara langsung dengan jari. Beberapa model trackball didesain untuk diletakkan pada keyboard komputer notebook .

e. Joystick



Joystick digunakan untuk keperluan game selama bertahun-tahun. Saat ini ukurannya semakin kecil, semacam pensil yang terletak di antara tombol keyboard. Joystick ini biasa terdapat pada komputer portabel, karena komputer jenis ini seringkali digunakan pada tempat yang tidak memiliki permukaan yang cukup untuk meletakkan suatu pointing device lain seperti mouse.

f. Touchpad



Touchpad adalah pad kecil yang terbuat dari bahan yang sensitif terhadap tekanan. Touchpad biasanya terdapat pada komputer notebook, dan dipakai sebagai pengganti mouse. Pada saat jari user atau ujung pena menyentuh beberapa titik pada pad, tekanan tersebut menyebabkan perubahan karakteristik listrik bahan pada titik tersebut. Lokasi titik tersebut dideteksi dan dikomunikasikan ke komputer. Dengan memindahkan jari pada pad, pengguna dapat menginstruksikan software untuk memindahkan kursor pada layar dengan arah yang sama . 

g. Kamera Digital


Kamera digital merupakan salah satu perangkat input yang sedang marak akhir-akhir ini. Kamera ini mampu merekam gambar diam atau bergerak menjadi bit-bit data ke dalam file komputer. Gambar digital itu mampu diolah ke dalam program-program komputer dan juga bisa juga dicetak berapa kalipun tanpa menghilangkan kualitas gambarnya .
Share on Google Plus

About O'im

0 comments:

Post a Comment