SEJARAH SINGKAT INTERNET

Kali ini, saya akan mengulas kembali sejarah (asal-usul) internet yang sangat berperan penting didalam kehidupan kita, secara Internasional maupun Nasional. Berikut adalah rangkuman dari sejarah singkat internet .




Sejarah Internet di Dunia



Tahun 1957, Uni Soviet / Rusia meluncurkan wahana luar angkasa sputnik. Sedangkan Amerika membuat Advanced Research Projects Agency (ARPA) agar Amerika Serikat mampu meningkatkan iptek negara mereka .

Tahun 1960 ARPA mengembangkan ARPANET untuk "Cooperative Networl of Time-sharing Computers" , dengan 4 host komputer sebagai penghubung hingga tahun 1969, yaitu dari Stanford Research Institute, University of Calivornia, Los Angeles dan sekitarnya .

Tahun 1971 anggota jaringan ARPANET bertambah menjadi 23 komputer, terdiri dari komputer-komputer untuk riset milik Amerika Serikat dan universitasnya .

Tahun 1971 juga , Ray Tomlinson membuat email ARPANET dan langsung menjadi populer di kalangannya. Dan ikon "@" menunjukkan "at" atau "pada" .

Tahun 1972 kelompok kerja INWG meningkatkan jaringan komputer dan membuat standar jaringan komputer, termasuk internet. Pembicara pertama adari Vinet Cerf, disebut sebagai "Bapak Internet" .

Tahun 1973 jaringan internet ARPANET dikembangkan keluar oleh Amerika Serikat. 26 Maret 1976 Ratu Inggris mengirimkan email dari Royal Signals & Rada Establishment Malvern. Setahun kemudian lebih dari 1000 komputer ARPANET membentuk jaringan .

Pada 1979 Tom Truscott dan kawannya menciptkan USENET. Tahun 1981 France Telecom menciptakan telepon televisi pertama, menelepon sambil berhubungan dengan video link.

Sampai akhirnya pada tahun 1984 diperkenalkanlah sistem domain / DNS, komputer yang tersambung dengan jaringan dan lebih dari 1000 komputer. Hingga pada 1987 julah komputer yang tersambung kejaringan melonjak 10x lipat menjadi lebih dari 10.000 komputer


Sejarah Internet di Indonesia



Pada awal tahun 1990-an, jaringan internet di Indonesia lebih dikenal dengan nama Paguyuban Network dimana semangat kerja sama kekeluargaan serta gotong royong sangat hangat dan terasa diantara para pelakunya. 

Sejak tahun 1998, ada pengguna internet di Indonesia yang memancarkan CIX (Inggris) dan Compu Serve (U.S) untuk mengakses internet .

Pembangunan internet di Indonesia pada tahun 1992-1994, masing-masing personal telah mengontribusikan keahlian dan dedikasinya dalam membangun cuplikan-cuplikan sejarah jaringan komputer di Indonesia .
Share on Google Plus

About O'im

0 comments:

Post a Comment