PERANGKAT LUNAK PEMROGRAMAN



     Perangkat lunak yang ada saat ini dibuat oleh para pembuat perangkat lunak (software developer) dengan cara menuliskan kode-kode program . Kode program ditulis menggunakan kata / istilah dan aturan tertentu . Gabungan antara kata dan aturan tersebut dikenal dengan istilah bahasa pemrograman . Perangkat lunak yang digunakan sebagai alat bantu untuk menuliskan dan menerjemahkan kode-kode program menjadi bahasa yang dapat dijalankan komputer disebut perangkat lunak pemrograman .
     Perangkat lunak pemrograman adalah perangkat lunak yang berfungsi sebagai alat bantu programmer menuliskan kode-kode program . Programmer adalah sebutan bagi orang yang menuliskan kode-kode program . Setelah kode program ditulis, perangkat lunak ini akan memeriksa apakah sintaks-sintaks program sudah benar . Jika sudah benar, perangkat lunak pemrograman akan menerjemahkan kode-kode program tersebut agar dapat dijalankan komputer .
     Sehari-hari kamu mengenal banyak bahasa, baik bahasa asing maupun bahasa daerah . Yang membedakan bahasa-bahasa tersebut adalah kosa kata (vocalbulary) yang digunakan dan aturan sususan kata dalam sebuah kalimar (grammar) . Demikian juga halnya dengan bahasa pemrograman . Yang membedakan suatu bahasa pemrograman dengan bahasa pemrograman yang lain adalah kode yang digunakan dan aturan kode program dalam sebuah kalimat program (dikenal dengan istilah sintaks) .
     Ada banyak bahasa pemrograman yang umum digunakan, antara lain Assembly, HTML, Fortran, Cobol, Pascal, Basic, C/C++, Java, C# (dibaca C Sharp) , J#, Python, Smalltalk, Perl dan sebagainya .
     Saat ini ada banyak perangkat lunak pemrograman yang dikenal dengan menggunakan berbagai bahasa pemrograman di atas, antara lain Java Builder, Kit(JDK), Visual Studi, Borland Delphi, Borland C++ Buileder, Borland Jbuilder, dan masih banyak lagi .
     Ketika membuat sebuah perangkat lunak, programmer akan menuliskan kode program menggunakan perangkat lunak pemrograman yang dipilih . Kode-kode program tersebut disimpan dalam bentuk file, yang disebut file kode sumber (source code) . Selanjutnya, masih dengan bantuan perangkat lunak pemrograman, kode program yang sudah ditulis diterjemahkan (dikompile) menjadi kode-kode yang dapat dijalankan komputer . Hasil dari proses kompile adalah file-file instalasi yang dapat diinstall dan dijalankan komputer .
Share on Google Plus

About O'im

1 comments: