SISTEM BASIS DATA DAN KOMPONENNYA

    Sistem Basis Data merupakan sistem yang terdiri atas kumpulan file / tabel yang saling berhubungan (dalam sebuah basis data komputer) dan sekumpulan program lain untuk mengakses dan memanipulasi file / tabel tersebut .

    DBMS (Data Base Management System) atau dalam terjemahan disebut Sistem Manajemen Basis Data adalah paket perangkat lunak yang didesain untuk melakukan penyimpanan dan pengaturan basis data . Contoh : Oracle , MySQL , dll.

KOMPONEN SISTEM BASIS DATA

     - Hardware
     - Sistem Operasi
     - Basis Data
     - Software DBMS > MySQL, Ms.SQL Server, Interbase, Paradox, Ms.Access, Oracle, DB2 .
     - Pemakai > Programmer, User Aplikasi
     - Aplikasi Lain .

ABSTRAKSI DATA

    Abstraksi data merupakan tingkatan atau level dalam bagaimana melihat data di dalam sebuah sistem basis data . Jadi, ibarat kita langsung dengan mudah melihat tampilan basis data kita yang sudah terstruktur .

3 Level Abstraksi Data :

     1. Level Fisik (Physical Level) - Internal Level
     2. Level Logik / Konseptual (Conseptual Level)
     3. Level Penampakan (View Level) - External Level

1. Level Fisik / Penampakan
    Level fisik atau penampakan merupakan level paling rendah yang menggambarkan bagaimana sesungguhnya suatu data disimpan .
Pada level ini representasi dari organisasi data disimpan sebagai teks, angka, atau himpunan bit data. Mengetahui bahwa data disimpan dalam beberapa file / tabel, seperti file pengawal, file keluarga, dll .
2. Level Konseptual / Logika
    Memperhatikan data apa yang disimpan di dalam database dan hubungan relasi yang terjadi antara data dari keseluruhan database. Pemakai tidak memperdulikan kerumitandalam struktur level fisik lagi, penggambaran cukup dengan memakai kotak, garis, dan hubungan secukupnya.
3. Level Pandangan Pemakai (User View)
    Level abstraksi data tertinggi yang hanya menunjukkan sebagian saja yang dilihat dan dipakai dari keseluruhan database, sesuai dengan kebutuhan pemakai .
Bagi user yang menggunakan terasa sebagai satu kesatuan data yang kompak

JENJANG DATA


Characters : Bagian data yang terkecil, dapat berupa karakter numerik, huruf ataupun karakter-karakter khusus (Special Characters) yang membentuk suatu item data / field .

Field : Mempresentasikan suatu atribut dari record yang menunjukkan suatu item dari data, seperti misalnya nama, alamat, dan lain sebagainya . Kumpulan dari field membentuk suatu record .

Record : Kumpulan dari field membentuk suatu record . Record menggambarkan suatu unit data individu yang tertentu . Kumpulan dari record membentuk suatu file, misalnya file personalia, tiap-tiap record dapat mewakili data di tiap-tiap karyawan . 

File : File terdiri dari record-record yang menggambarkan satu kesatuan data yang sejenis , Misalnbya file mata pelajaran berisi data tentang semua mata pelajaran yang ada .




BAHASA SQL

    1. DDL (Data Definition Language) yang digunakan untuk membangun objek-objek dalam database seperti tabel .
    2. DML (Data Manipulation Language) digunakan dalam memanipulasi suatu tabel didalam database (menambah, mengedit, mencari dan menghapus) .
    3. DCL (Data Control Language) digunakan untuk menangani masalah keamanan di dalam sebuah database server .

Share on Google Plus

About O'im

0 comments:

Post a Comment