4 ALTERNATIF SEBELUM MENGHANCURKAN HARDDISK


     Jangan terburu-buru menghancurkan harddisk meski Anda sudah tidak menggunakannya lagi . Temukan cara lain yang lebih jitu, daripada harus membongkar-bongkar gudang untuk mencari palu . Sebuah majalah konsumen terkemuka menasihati pemilik komputer untuk menghancurkan harddisk jika akan menjual komputer . Pasalnya, ada banyak resiko data-data pribadi akan terungkap dari harddisk bekas meskipun sudah diformat .
     Dikutip dari detikINET dari ITportal, inilah beberapa cara yang perlu dipertimbangkan untuk dilakukan pada komputer bekas sebelum akhirnya (jika memang terpaksa) memutuskan untuk menghancurkan harddisk :
   1. Gunakan DBAN (Darik's Boot And Nuke) jika Anda berencana menjual komputer lewat Ebay . DBAN berfungsi untuk "membersihkan" komputer . Semua konten dapat terhapus secara otomatis sebelum Anda merelakannya jatuh di tangan orang lain . Namun Anda perlu membuat CD yang dapat di-boot terlebih dahulu, atau juga DVD yang memakai file ISO .


   2. Cara lainnya adalah dengan mengisi space yang ada di harddisk drive dengan file-file hingga penuh dan menindih file-file sebelumnya . Sebagi contoh, unduhlah kopian ISO dari distribusi Linux manapun dan kopi semua itu (jika Anda memakai Windows) . Setelah semua terisi, kemudian Anda bisa memformatnya .
   3. Anda bisa juga mengambil semua data yang ada, mengkompresnya, mengamankannya menggunakan sandi yang kuat, kemudian memformat harddisk drive tersebut . Hal ini untuk menanggulangi bila ada orang iseng yang akan merecover file-file itu .
   4. Tetapi jika Anda ingin menyingkirkan komputer Anda beserta semua perangkatnya, apakah tidak lebih baik jika Anda menyumbangkannya saja untuk acara amal atau untuk teman terdekat Anda ?

Sekian tutorial dari saya, jika anda merasa bahwa artikel ini membantu Anda , Anda bisa menyisipkan sedikit di kolom komentar tentang tutorial saya . Terimakasih .
Share on Google Plus

About O'im

0 comments:

Post a Comment