TEKNOLOGI 4G


4G adalah singkatan dari istilah dalam bahasa inggris : fourth-generation technology . Istilah ini umumnya digunakan mengacu kepada pengembangan teknologi telepon seluler . 4G merupakan pengembangan dari teknologi 3G . Nama resmi dari teknologi 4G ini menurut IEEE (Institute of Electrial and Electronics Engineers) adalah "3G and beyond" .

Perkembangan teknologi nirkabel dapat dirangkum sebagai berikut :
   > Generasi Pertama : Hampir seluruh sistem pada generasi ini merupakan sistem analog dengan kecepatan rendah (low-speed) dan suara sebagai objek utama . Contoh : NMT (Nordic Mobile Telephone) dan AMPS (Analog Mobile Phone System) .
   > Generasi Kedua : Dijadikan standar komersial dengan format digital, kecepatan rendah-menengah . Contoh : GSM dan CDMA2000 1xRRT .
   > Generasi Ketiga : Digital, mampu mentransfer data dengan kecepatan tinggi (high-speed) dan aplikasi multimedia, untuk pita lebar (broadband) . Contoh : W-CDMA (atau dikenal juga dengan UMTS) dan CDMA2000 1xEV-DO .

Teknologi 4G di Indonesia

     Secara sederhana, dapat diartikan bahwa teknologi 1G adalah telepon analog / PSTN yang menggunakan seluler . Sementara teknologi 2G, 2.5G, dan 3G merupakan ISDN . Indonesia secara umum pada saat ini baru memasuki tahap 2.5G . Berkaitan dengan teknologi 4G, SIP adalah protokol inti dalam internet telephony yang merupakan evolusi terkini dari Voice over Internet Protocol maupun Telephony over Internet Protocol .

     Teknologi tersebut banyak di perdebatkan oleh operator, pemerintah dan DPR belakangan ini . Tidak lama lagi internet telephony akan menjadi tulang punggung utama infrastruktur telekomunikasi . Teknologi internet telephony memungkinkan pembangun infrastruktur telekomunikasi rakyat secara swadaya masyarakat (tanpa Bank Dunia, IMF maupun ADB) bahkan mungkin tanpa kontrol pemerintah sama sekali . Dengan teknologi SIP dalam 4G, nomor telepon PSTN hanyalah sebagian kecil dari identifikasi telepon . Bagian besarnya akan dilakukan menggunakan URL . Kita tidak lagi perlu bergantung ada nomor telepon yang dikendalikan oleh pemerintah untuk berkomunikasi via internet-telepon . 
Share on Google Plus

About O'im

0 comments:

Post a Comment